Kamis, 06 November 2014

Bahan Untuk Membuat Peredam Suara

Bagi anda yang senang bermusik, biasanya anda akan membutuhkan baha- bahan untuk membuat peredam suara. Sekarang ini kita bisa dengan mudah membuat peredam suara dengan bahan yang tersedia, tentu juga kita harus membuatnya dengan berkualitas dan sebaik mungki. Berikut ini bahan yan digunakan dan juga cara membuatnya.

Pertama kita membutuhkan bahan dan alat yang digunakan yaitu :
- Gipsum
- Karpet.
- Lem khusus untuk karpet
- Paku untuk gipsum
- Kayu Yang biasa dipakai untuk memasang plafon.
- Rockwool, adalah material insulation, yaitu bahan yang tahan panas dan dapat menyerap suara. Terbuat dari serat ringan dengan inti berupa batu alam yang disatukan dengan damar panas.



Kemudian baru kita buat caranya adalah :
- Siapkanlah ruangan kosong dengan bagian atas dicor penuh tanpa jendela dan hanya satu jendela permanen yang tembus ke ruang operator.
- Pasanglah kayu pada seluruh dinding dan langit-langit sehingga membentuk beberapa frame, nantinya rockwool akan diletakkan di dalam frame tersebut jadi buatlah ukuran frame yang tepat agar rockwool dapat diletakkan dengan pas.
- setelah seluruh dinding dan langit-langit terpasang frame kayu letakanlah rockwool di dalam setiap frame.
- setelah rockwool terpasang tutuplah seluruh dinding dan langit-langit dengan gipsum
- lapisan terakhir yang dipasang adalah karpet, lumurilah belakang karpet, dan gipsum yang telah dipasang pada dinding dan langit-langit dengan lem khusus untuk karpet, lalu diamkan selama beberapa menit sampai lem yang menempel tidak lengket lagi, kemudian pasanglah karpet pada dinding dan langit-langit dengan rapih.
- Bila anda kurang suka dengan karpet maka dapat menggantinya dengan bahan lain misalnya wall peaper.
- Untuk bagian lantai yang akan dipasang drum set sebaiknya dibuatkan tempat sejenis panggung kecil yang memiliki kaki-kaki yang dipasng karet tebal contohnya seperti pada kaki kulkas yang berguna menahan getaran.
- Untuk jendela permanen sebaiknya dipasang dua buah kaca dengan ketebalan 1cm yang dipasang dua lapis pada bagian dalam kusen dan bagian luar kusen dengan bagian tengah dikosongkan, lapisilah setiap pinggiran kaca dengan karet(seperti pemasangan kaca mobil yang dilapisi karet pada seluruh sisinya yang berguna untuk mengurangi getaran suara.).

Itulah beberapa cara pengerjaan untuk membuat peredam suara. Semoga bermanfaat dan anda bisa mencobanya di rumah, bagi anda yang ingin memiliki ruangan khusus yang kedap suara. Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar