Kamis, 06 November 2014

Membuat Kamar Tidur Menjadi Kedap Suara

Ruangan yang kedap suara biasanya adalah ruangan yang digunakan untuk studio musik maupun tempat karaoke. Ruangan itu di pasangi peredam suara yang berkualitas sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan orang lain, selain itu peredam suara yang di pasang juga beragam dan bermacam- macam. Sekarang ini ada beberapa orang yang memasang peredam suara di kamar tidurnya. Memang ha ini tidak begitu dibutuhkan bila hanya untuk kamar tidur, namun sebagian orang ingin membuat ruangan pribadinya menjadi kedap suara.

Anda juga bila menginginkan ruangan yang kedap suara dengan kualitas yang baik kenapa anda tidak mencobanya sendiri? Anda bisa membuat peredam suara sesuai dengan bahan- bahan yang anda bisa dapatkan dengan mudah.  Misalnya anda bisa menggunakan karpet dan tempat telur. Yang terpenting dari membuat ruangan kedap suara adalah dinding yang akan anda pasangi peredam suara. Dinding itu haruslah bersih dari kotoran dan juga lubang yang bisa membuat kebocoran. Dinding yang berlubang akan berpengaruh pada peredam suara. Hasilnya ruangan itu bisa saja tidak sempurna menjadi ruangan kedap udara.



Hal lainnya dalam membuat ruangan kedap suara juga anda bisa menggunakan glass wool, berikut beberapa cara membuatnya :
Pertama anda sediakankan alat dan material: bor, paku, lem, glass wool, kayu reng, gipsum, karpet.

- Buat rangka dinding peredam berupa susunan kayu reng pola kotak-kotak. Besar masing-masing kotak kurang lebih 60 x 60 cm.
- Isi bagian dalam setiap kotak rangka dengan glass wool setebal 2 cm 3cm.
- Tutup rangka dengan papan gipsum. Buat lubang ukuran3 mm pada permukaan dinding gipsum. Letak lubang boleh tidak beraturan.
- Tempelkan karpet di atas seluruh permukaan gipsum menggunakan paku dan lem.
- Lakukan langkah-langkah serupa untuk membuat peredam pada langit-langit kamar. Untuk lantai, pakai karpet tebal atau lantai parket.

nah itu dia cara untuk membuat glass wool, anda bisa mencobanya bila ada menginginkan kamar tidur yang kedap suara. Cara ini memang agak ribet dari cara pertama. Selamat mencobanya di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar